Sekolah Lagi, Sekolah Lagi...

Minggu, 17 Oktober 2010

Kultum EROR tapi SAKTI

SMA oh SMA...
MAN 3 Malang oh MAN 3 Malang.....
Di sini udah banyak cerita suka maupun duka yang aku dapetin, baik buat pribadi, bareng temen-temen, bahkan bareng gurunya juga, so nice so good real good dah pokoknya. Banyak juga kejadian seru yang sulit di ceritakan ulang pake kata-kata...
Gak salah lah kalo ada yang bilang masa SMA adalah masa masa membuat cerita dan akan di ceritakan di hari tua nanti. Semakin nekat, semakin gila, semakin nyeleneh-nya seseorang mungkin dan kayaknya beneran sih (woookk, gak konsisten) bias memperbanyak perbendaharaan cerita masa muda...

Entah buat posting yang kali ini gimana menurut para pembaca sekalian, pengennya sih aku ngelucu lagi, tapi kalo ada yang bilang ini kurangajar aku juga bisa terima, atau mungkin buat bapak bapak dan ibu ibu yang mau ngunciin anak anaknya dulu sebelum baca ni postingan di persilahkan kok, aku gak bakal sakit hati.....

14 oktober 2010 mungkin merupakan salah satu hari terkeren yang pernah aku alami. Bukan karena aku bisa berubah jadi power ranger terus membasmi kejahatan, apa lagi karena aku di tolongin ma spiderman waktu kepleset dari kubah masjid (???ngayal, nggilani pula???), kelamaan, langsung cerita aja dah.....

Jadi begini, satu hari sebelum tanggal itu (tau ndiri lah) ada si Muhai, gak taulah dia tu apanya BDI (Badan Dakwah Islam sekolahku) bilang gini ma aku (dengan sedikit perubahan dan ejaan yang di sempurnakan)
Muhai : "ji, cuma mau bilangin, besok kamu kultum ya"
Aku : "what??? Kultum??? kok bisa aku itu lho???"
Muhai : "udah ada gitu lho jadwalnya"
Aku : "Subhanallah, ckckck" (meratapi nasib)



pada saat itu aku sangat merasa di pusingkan oleh hal tersebut, pusing pusing dan pusing....
tapi kata si Bondan Prakoso "ya sudah lah", ya wes, jalani aja lagi, kata si Fatkur juga "kalo laki ya maju", sungguh memotivasi......
Wes, hari itu aku gak mikirin lagi wes, di rumah aja mikirnya, sekarang sekolah dulu yang rajin, kayak waktu pamitan ma ortu di rumah sebelum berangkat sekolah (ngguaya cak)....

 Wes, langsung ae paginya sebelum acara inti di mulai....
Dateng di sekolah pagi pagi kayak biasanya, tanpa ada perasaan aneh aneh yang membebani. Ngumpul pagi pagi ma anak-anak, tiba tiba ada yang ngingetin kalo aku harus kultum siangnya....
MATEEEEKKK.......
Mau kultum apaan aku ntar, aku lupa, gak mikirin itu blas di rumah, mana ada ulangan matematika lagi pas sebelum dzuhur ckckck...

Wes, di kelas isine pusing tok mikirin mau kultum apa ntar. Belajar jadi gak konsen, yang tak pikirin cuma masjid,mimbar,mic wes pokoke segala hal yang bersangkutan dengan kultum ntar.....
Tapi pas jam istirahat ada sedikit pencerahan buat kultum ntar. Temen temenku yang emang pada baik baik bener dah, selalu setia nolongin pas temennya lagi kesulitan (gan, kumpulin gocengan ya buat bayar yang ini hehehe). Mereka menyumbang ideide cemerlang buat kultum ku ntar.....

Tapi tiba tiba di otakku terbesit suatu pemikiran yang cemerlang sekali, tapi mengandung unsur unsur gila juga(kagak pernah gt ya yang bener bener cemerlang). Tapi justru banyak yang menyambut positif buat hal ini, rasa persatuan dan kesatuan kami memang top banget lah...
Tapi semua ini juga aku lakukan karena landasan landasan yang sudah aku (kami) pikirkan sebelumnya. Bisa di bilang kalo ini adalah saatnya mencurahkan seluruh isi hati kami yang terlalu lama kami pendam sendiri tanpa ada jalan penyelesaian yang nyata...

Langsung aja dah, ulanagn matematika di lahab, langsung nulis pokok pokok dari apa yang mau aku sampaikan entar waktu kultum.... 
Eh, mungkin bukan kultum se, tapi lebih kayak curhat atau orasi. Tapi mau gimana lagi, Kami dah gak sanggup lagi membendung semua ini, jadi mungkin inilah saat yang paling tepat buat meluapkan semuanya...

Jadi yang mau tak sampaikan dalam kultum yang berubah menjadi ajang curhat akbar atau bisa juga penyampaian aspirasi rakyat itu adalah kritik tentang kinerja Bapak dan Ibu guru terutama yang mengajar di kelas-kelas kami dan tanpa pernah mengurangi rasa hormat kami terhadap beliau beliau sekalian...
Tapi mohon maaf sebelumnya buat semua pihak, yang mungkin merasa di rugian/tersinggung/belum bisa terima dengan semua hal yang aku sampaikan di atas mimbar.....

Eh iya ya, mau cerita gak jadi jadi ni, malah kesuen curhat, kan banyak juga yang mungkin belum tau duduk permasalahannya di mana.....

Wes kan, bel bunyi, ishoma wes. Tapi aku masih di kelas, nulis itu tadi...
Tapi anak anak, terutama si Bagus kok cek semangate ngajak berangkat ke masjid cepet cepet. Biasanya berangakat kalo pas khomat juga, itu ae masih aras-arasen. Pake ngajak anak-anak duduk di shof depan, tengah, pas depan mimbar lagi, duh duh, pancene niate setengah setengah anak-anak ini, di satu sisi bantuin, di sisi yang lain malah mau jatuhin mental, untung mentalku dah tak lapis baja hahahahaha (bayar berapa biar bisa kayak gitu)...
Wes, ke masjid, sholad dulu. Seperti biasanya wes, habis sholat langsung ada panggilan buat petugas kultum (bukan tukang kampanye dkk)...

Pak Amtsal selaku imam pada siang hari itu ngomong seperti biasanya wes...
"assalamualaikum wr.wb. kultum (sekali lagi bukan kampanye dkk) pada siang hari ini akan di sampaikan oleh ananda Muhammad Fauzi dari XI IPA 2, di persilahkan.."

Fyuhhh, ku berjalan dengan santai, tanpa ada perasaan bersalah padahal aku tau kalo yang mau tak bawain tu bukan kultum yang jelas jelas menyalahi acara pada siang hari itu....
Naek mimbar, nyalain mic, weeekkk, anak anak D.O.G dah pada di depan mimbar semua. Di satu sisi aku seneng karena kayaknya mereka dah mulai tobat (sulit di percaya) tapi di sisi lain jelas mangkel karena niat kuarang baik mereka yang sangat mudah terbaca, menghancurkan konsentrasi...

Ehem, lansung ae wes tulis ulang khotbahku(atau apa ajalah namanya itu) sak guyon guyone (intinya aja)....

Assalamualaikum wr.wb.
Pembukaan (pake al-fatihah doang, gak buondo kan??? yang penting kan artinya pembukaan hahaha)
guyon sek...
Aku : "sek ya, sebelum saya memulai kultum ini, saya mau tanya sama kalian, kalian iklas gak kalo saya berdiri di sini???"
Anak-anak : "IKLAAAS...." ( tidak sesuai harapan, padahal kalo kagak iklas aku langsung turun -_- )
Aku : "waduh, dah di tunggu bu kantin tu lho buat makan siang???"
Anak-anak : "GAK POPO..." (nuiate lek memplokoto aku)
Aku : "ya wes, aku tanya lagi... Tadi yang tak baca surat apa???"
Anak-anak : *krik krik krik krik...* (gila, malu bener dah ngejayus di tempat umum)
Aku : "ya, itu surat al fatihah, artinya apa???"
Anak-anak : "pembukaan..."
Aku : "yak, bener banget, tapi sayangnya bukan itu yang mau saya sampaikan pada kesempatan siang hari ini "
Anak-anak : "HAHAHAHAHAHA...." (fyuuuhh, syukurlah pada ketawa)

Wes, cukup basa basinya, langsung kita pada acara inti, ya itu penyampaian aspirasi rakyat (yang harusnya kultum)tapi ni seingetku aja ya, kalo gak sama ya maap...

Jadi, yang akan saya sampaikan pada kesempatan kali ini adaalah tentang belajar
Belajar itu perlu, tapi belajar itu tidak mudah....
saya gak mau munafik ya, saya juga mengaku kalo saya juga cukup kesulitan dalam belajar...
Tapi, beberapa saat yang lalu saya bersama teman teman saya berdiskusi tentang penyebab penyebab sulitnya belajar....
Dan sebelum saya menyampaikan hal ini, terlebih dahulu saya mohon maaf sebesar-besarnya kepada bapak dan ibu guru sekalian, tanpa mengurangi rasa hormat kami terhadap bapak ibu sekalian, hal ini kami lakukan semata untuk kebaikan kita bersama....
Jadi begini, kami itu juga sudah mencoba belajar sebisa mungkin, tapi hasilnya tetap begitu saja, mungkin tidak sesuai dengan kemauan bapak dan ibu sekalian....
Tetapi kami juga merasa lelah, dah gak kuat lagi, dah memaksakan sebisa mungkin bahkan tidak jarang hingga kami merasa strees....
 Terlebih lagi, bukannya di motivasi, justru malah mengetrek-etrek,itu malah membuat kami makin merasa terpuruk....
Jadi, kami mohon pengertiannya lah kepada bapak ibu guru sekalian, untuk lebih bisa mengerti tentang kondisi kami....

Waduh, suasana makin rame oleh sorak sorai anak anak, tapi makin menegangkan karena semua guru yang ada pada tertunduk lesu....
sudah lah, tak akhiri aja, mungkin kurang banyak itu, tapi itu tok se ingetku....

Dan Terimakasih sebesar besaranya atas pengertian bapak ibu guru sekalian...
dan sebelum saya di panggil oleh pihak pihak yang terkait, saya akhiri kultum pada siang hari ini...
bila ada kata yang salah mohon maaf sebesar-besarnya, dan bila ada lebihnya itu datangnya dari Allah SWT....
Trimakasih, wassalamualaikum wr.wb.

Wes, aku turun dari mimbar, di sambut banyak tangan yang ngajak toss, keren dah pokoknya, tapi aku masih radak khawatir ma anggapan dari gurunya,  tapi gak papa wes, dah lega, dan kayaknya anak-anak pun juga dah puas aspirasi mereka telah tersampaikan.....

Di kelas juga Tranding Topic nya seketka menjadi kultum, ojik dan gila....
Kultum dan ojik jelas bisa di maklumi menjadi TT pada saat itu, tapi buat gila, mungkin banyak yang bertanya mengapa demikian....
Yak, gila tersebut karena kegilaan dan kenekatanku buat semua hal yang tak omongin tadi....

Aku juga dah waspada, kalo habis ini bakal ada guru yang memintai pertanggung jawaban atas kegilaanku tadi, begitu juga temen temenku, tapi ya sudah lah, udah terlanjur, hadapi aja...

Masuk dah, pelajaran kayak biasa...
Pelajaran baru jalan beberapa menit, wali kelas dateng, anak-anak dah pada heran dan mulai bilang "harah kon jik.." tapi aku pancet biasa aja, stay cool....
Eh,ternyata beneran aku yang di panggil, anak anak ketawa dah, tapi sambil kasih semangat, Thanks banget dah buat kalian semua....

Wes, di kasih tau sembarang kalir, aku juga kasih tau tentang apa aja yang kami semua alami dan rasakan....
wes, inti dari pembicaraan kami adalah buruknya komunikasi yang terjalin antara guru dan siswa di tempat ini...
dan katanya, aku juga jadi TT di kantor guru, jadi tamabah geer ae... hahahaahahaha... (kemplo sekali)
Tapi habis yang ini aku baru dapet "best part" dari semua ini, dan itu adalah RAHASIA... hahahahaha

Dan tak cuma berhenti di situ, jam terakhir yang harusnya jam nya kesenian tapi yang masuk malah WAKA KESISWAAN di lanjutkan dengan datangnya WAKA KURIKULUM  ke kelasku....

"SAKTI" bener bener "SAKTI", cuma itu yang ada di oatkku...
abisnya kelas sebelah udah ngirim surat 1bulanan buan menghadirkan mereka di kelas mereka tapi gak ada tanggepan sama sekali. Padahal udah dengan usaha seluruh awak kelasnya....
Sedangkan di kelas ku cuma dengan sekali kultum dah bisa menghadirkan mereka di kelasku, gak sampe 3 jam setelah kultum itu, sakti bener dah.....

Kaita semua diskusi banyak di kelas...
Waktu sama Bapak Waka Kesiswaan bahas tentang citra sekolah kita setelah kejadian tadi, cukup menegangkan, dan cukup membuat aku merasa bersalah....
Yang di khawatirkan kalo pas itu ada wartawan yang pas kebetulan lagi di situ, terus denger dan moro moro di tulis masuk koran, kan kalo menurut pikiran 'negatif' orang orang bakal jelek tu yang di ceritain, tapi kan gak tau lagi kalo di tulis 'positif'nya....
everything is possible, possitif thinking bro.... (we we we wenaaaaaaakkk)

Terus kalo yang sama Bapak Waka Kurikulum itu lebih menyenangakan lah, karena seperti dengar pendapat, kami keluarkan "hampir" semua keluh kesah kami....
terus tanya jawab juga, seru dah pokoknya, sampe membuat iri kelas yang laen.... hahahahaha

Tapi setelah semua itu, masalah masalah kami bukan sudah berakhir, masih banyak yang belum tersampaikan oleh teman teman kami dari kelas yang lain. Dan kami juga belum merasakan perubahan yang begitu signifikan dari hal hal yang kami sampaikan kemarin.....

sebelum aku terbitkan posting yang ini, aku mau minta maaf dulu buat semua kesalahan yang terdapat di posting yang kali ini, mau protes ya silahkan, aku terima kok....
Dan semua ini aku tulis dengan dasar kehidupan demokratis bebas berpendapat yang di anut negri ini, kalo terima ya alhamdulillah, kalo nggak bisa kita bicarakan baik baik, sambil ngopi ato ngeteh mungkin, silahkan....... (tapi di bayarin ya hehehe)

7 komentar:

  1. sippo! aku jadi ngerti kultummu sekarang, Jik~

    BalasHapus
  2. aku penasaran sama BEST PARTnya ! ckck
    heraaan, sudah dapet masalah yg kyk gitu seremnya tapi masih aja ada best part-nya ? aneeh sekali -.-

    BalasHapus
  3. ozzy : hahahahaha, kan udah tak ceritain...
    otong : iya ni, masak dah lupa....
    ozzy : kalo di tulis tambah panjang ae ntar...
    otong : betul betul betul....

    BalasHapus
  4. haha iyaa iyaa tau
    nanti klo ditulis gosipnya malah heboh kemana mana hahaha :p

    BalasHapus
  5. Buat Miru :
    ozzy : thanks ru.... hahahaha
    otong : sip sip sip....

    Buat Anyin :
    otong : tapi kan bisa buat visitor ku membludak... hahahaha
    ozzy : huz, ngarang wae....
    otong : hahahaha gak lah, becanda....

    BalasHapus
  6. heeeemmmm ngarep haha

    BalasHapus